RSUD LIMBOTO – Tuberculosis atau TBC di Kabupaten Gorontalo dua tahun ini cukup tinggi. Dalam sebulan saja, rata-rata ada 30 hingga 50 kasus TBC baru ditemukan. Hal ini ini terjadi di Rumah Sakit M.M Dunda Kabupaten Gorontalo. Jumlah ini cukup besar, karena jika dipresentasikan 1 penderita bisa menularkan ke 10 orang, maka setiap bulannya ada 300 hingga 500 warga yamg berpotensi terjangkit penyakit paru ini. Tingginya angka ini, membuat pihak RSUD M.M Dunda Limboto bergerak aktif mensosialisasikan penyakit TBC, yang digelar tepat pada peringatan Hari TBC sedunia kemarin (24/3).

“Kita ingin mensosialisasikan kepada keluarga pasien, maupun ke pasien sendiri apa itu TBC,” jelas dr. Salfa Bajarad.

Sebab hingga saat ini masih banyak warga yang berpandangan penyakit TBC merupakan penyakit turunan. Padahal sebenarnya penyakit ini merupakan penyakit menular, yang ditularkan lewat udara. Yang bisa diderita siapa saja, terutama pada orang-orang terdekat. Namun bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat, dan kesungguhan pasien untuk sembuh.

“Kita juga ingin menjelaskan kepada mereka, bagaimana cara batuk yang benar, bagaimana cara hidup sehat. Karena dengan cara batuk yang benar, harapannya kita bisa menghindari, atau mencegah proses penularan,”

Untuk itu, guna mencegah penyebaran TBC semakin besar, serta mengobati para penderita. Tahun Pemerintah Kabupaten Gorontalo ditargetkan untuk menemukan kasus TBC yang lebih banyak. 600 kasus baru dalam setahun.

“Jadi seharusnya semakin kita temukan, kita obati segera, kita sembuhkan segera, sehingga proses penularan bisa lebih cepat terputus,” tambah dr. Salfa Bajarad

Dalam sosialisasi yang dihadiri puluhan peserta itu, segala yang terkait TBC dikupas. Baik seperti apa penyebabnya, penyebarannya, pencegahannya, hingga penyembuhannya. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya, dan berdialog langsung dengan para dokter dan perawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.