RSUD DUNDA LIMBOTO – Kartu identitas menjadi hal mutlak dimiliki, jika ingin berobat ke rumah sakit. Terlebih untuk mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit M.M Dunda Limboto. Pasalnya sebagai Rumah Sakit rujukan regional, RSUD M.M Dunda juga telah menerapkan sistem yag terkoneksi dengan Nomor Induk Kependudukan. Karena itulah untuk mempercepat pengurusan administrasi jaminan kesehatan anak, dibentuk sistem penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) melalui interkoneksitas RSUD dr. M.M Dunda Limboto dengan Dukcapil Kabupaten Gorontalo.

Inovasi Srivoni Isa, S.KM ini memberikan kesempatan kepada bayi-bayi yang baru lahir, bisa langsung memiliki KIA, karena kartunya sudah dicetak langsung di rumah sakit. “Ini (SIS-KIA) untuk memperpendek alur birokrasi, saya mengambil penerbitan itu di rumah sakit. Tetapi bukan hanya bayi yang baru lahir. Pengunjung rumah sakit baik rawat jalan maupun rawat inap, yang tidak memiliki KIA bisa mengurus KIA di rumah sakit,” jelas Srivoni Isa.

Di sisi lain, KIA sendiri sangat penting untuk mencegah manipulasi data. Terutama bagi mereka yang kerap menggunakan BPJS orang lain untuk berobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.