Tubuh yang selalu segar dan bugar adalah salah satu indikator penting kesehatan. Dengan kebugaran yang terjaga, seseorang juga tidak akan mudah merasa lelah. Aktivitas padat selama seharian tidak menjadi masalah bila kebugaran dapat dipertahankan.

Menurut spesialis kedokteran olahraga dr. Andi Kurniawan Sp.KO dari Indonesia Sport Medicine Centre (ISMC), dalam menjaga kebugaran tubuh perlu dilatih secara rutin.  Sebenarnya, tidak sulit melatih tubuh agar selalu bugar.

Andi menerangkan, setidaknya 3 jenis kebugaran yang perlu dilatih supaya kondisi tubuh tetap maksimal. Latihan kebugaran ini meliputi latihan untuk jantung dan paru, otot, dan kelenturan.

Berikut cara melatih tiga unsur kebugaran seperti dituturkan Andi :

1. Jantung dan paru

Kebugaran ini menyebabkan energi selalu didistribusikan tepat waktu. “Untuk melatih kebugaran jantung dan paru, lakukan olah fisik yang bersifat aerobik. Misalnya bersepeda, lari, jalan kaki, atau senam,” kata Andi.

Latihan harus dilakukan rutin setiap hari selama 15-30 menit. Andi menyarankan latihan dilakukan pagi hari sebelum kendaraan banyak dilalui kendaraan. Latihan pagi hari juga memungkinkan tubuh lebih segar dan memperoleh limpahan vitamin D dari sinar matahari.

2. Otot

Kebugaran ini menentukan tubuh tidak mudah lelah walau banyak melakukan aktivitas. “Untuk kebugaran otot sebaiknya lakukan latihan beban. Latihan ini memungkinkan otot bekerja maksimal supaya beban bisa terangkat,” kata Andi.

Tentunya banyaknya beban disesuaikan dengan kondis tubuh. Jika tidak ada beban, Andi menyarankan latihan sit up, push up, atau squat. Sit up melatih kekuatan otot perut dengan gerakan bangun dan tidur. Push up melatuh kekuatan lengan atas dan bawah, dengan mendorong tubuh menjauhi lantai. Sedangakn squat melatih otot kaki dengan gerakan jongkok dan berdiri.

Latihan sebaiknya dilakukan rutin 2-3 set setiap hari, dengan istirahat 1-2 menit tiap setnya. Untuk pemula Andi menyarankan 10 kali gerakan tiap setnya. Jumlah set bisa bertambah seiring kemampuan tubuh.

3. Kelenturan

Kelenturan menentukan tubuh yang selalu bebas bergerak. Untuk melatih kelenturan Andi menyarankan rutin melakukan pemanasan (stretching) sebelum beraktivitas. Gerakan stretchingmenitik beratkan pada persendian, misalnya leher, bahu, lengan, atau kaki.

Pemanasan juga memungkinkan tubuh tidak kram saat beraktivitas. Andi menyarankan untuk rutinstretching sebanyak 1-2 set. Satu set dilakukan dalam 10-15 detik. “Dengan latihan rutin tentu tubuh bugar dan sehat bukan lagi impian. Tidak sulit melakukannya asal ada kemauan,” kata Andi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.