Berdasarkan laporan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts Amherst terhadap 40 anak yang diterbitkan dalam “Proceedings of the National Academy of Sciences.”, para ilmuwan mengatakan bahwa tidur siang penting bagi otak untuk mengumpulkan ingatan dan pembelajaran di tahap awal, sebab ketika seorang anak diizinkan tidur setelah makan siang, mereka akan menunjukkan performa yang meningkat signifikan dalam tugas – tugas yang berhubungan dengan visual dan spasial dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

jadi dengan tidur, anak dapat mengingat 10% informasi lebih banyak dibandingkan jika tetap bangun. sebagaimana yang dikatakan oleh kepala peneliti Rebecca Spencer mengatakan : “Kami adalah pertama yang melaporkan bukti bahwa tidur siang sangat penting untuk anak-anak di masa pra-sekolah.

“Studi kami menunjukkan bahwa tidur siang membantu anak-anak lebih baik dalam mengingat apa yang mereka pelajari di masa pra-sekolah.”

sementara itu pula beliau mengatakan “bahwa anak-anak yang lebih tua secara alami melupakan aktivitas tidur siang mereka, anak-anak yang muda harus didorong untuk tidur siang”. juga Riset lainnya, menunjukan bahwa tidur dibutuhkan oleh manusia karena aktivitas itu membantu pergantian sel otak. sedangkan tidur malam atau tidur tidak teratur dapat mempengaruhi prestasi anak.

untuk laporan dari hasil penelitiannya tersebut dapat di akses di http://www.pnas.org/content/early/2013/09/18/1306418110

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.