LIMBOTO, RSUD Dr.M.M Dunda Limboto menjalani Survey penilaian Akeditasi Rumah Sakit Versi 2012 yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Dalam kesmpatan ini tim independen (KARS) melakukan assesment terhadap rumah sakit berdasarkan standar akreditasi yang berlaku. Rumah sakit yang telah terakreditasi akan mendapatkan pengakuan dari Pemerintah karena telah memenuhi standar pelayanan dan manajemen yang ditetapkan.

Dalam Akreditasi RS versi 2012 terdapat 15 bab/kelompok kerja (Pokja), 323 standar dan 1218 elemen penilaian (EP), antara lain: Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Sasaran Millenium Development Goals (MDGs), Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan Pasien (PP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Manajemen Penggunaan Obat (MPO), Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI), Kualifikasi dan Pendidikan Staff (KPS), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan (TKP), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK).

Penilaian yang dilakukan oleh Tim penilai (surveior) selama berada di RSUD Dr.M.M Dunda Limboto selama 3 hari yang terdiri dari 3 orang yaitu :

  1. H.Abdul Rival, M.Kes sebagai Ketua (Surveior Manajemen)
  2. Dewi Batari, S.Kep, S.S, Ns, M.Kes sebagai Anggota (Surveior Keperawatan)
  3. Rahaju Budhi Muljanto, Sp,KJ sebagai Anggota (Surveior Medis)

Agenda survei terdiri dari Pimpinan RS mempresentasikan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien RS, Dilanjutkan telaah dokumen, telaah rekam medik tertutup dan telaah rekam medik terbuka serta telusur lapangan, Penilaian lapangan ditekankan pada telusur pasien untuk di wawancarai/ observasi langsung atas pelayanan kesehatan yang telah/sedang/akan diterima pasien. Dalam waktu yang bersamaan, kelengkapan dokumen akreditasi juga di observasi dan ditanyakan pada jajaran staf dan pimpinan RS. Pelaksanaan hari ke-dua diawali dengan klarifikasi hasil telaah dokumen dan telusur lapangan yang dilaksanakan di hari pertama survei, kemudian dilanjutkan dengan presentase FMEA oleh Ketua Komite Medik dan RCA (Root Cause Analysis) oleh Ketua Komite Mutu Rumah Sakit. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan telusur lapangan. Hari ke-tiga klarifikasi telusur yang dilaksanakan di hari ke-dua dilanjutkan dengan wawancara pimpinan RS, pejabat struktural,  pemerintah daerah, dewan pengawas dengan Tim surveior. Exit Confrence oleh Tim Surveior merupakan agenda terakhir dari pelaksanaan survey akreditasi selama 3 hari.

Survei Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012 yang telah dilakukan oleh KARS terhadap RSUD Dr.M.M Dunda Limboto, merupakan komitmen RSUD Dr.M.M Dunda Limboto untuk terus meningkatkan mutu serta kualitas pelayanan bagi masyarakat sesuai dengan visi dan misi rumah sakit. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.