RSUD DUNDA LIMBOTO – Dalam Rangka Memperingat Hari Ginjal Sedunia 2018 yang jatuh pada 8 Maret 2018, “Ginjal dan Kesehatan Wanita” menjadi Topik Utama yang diusung secara Nasional  tahun ini, bertempat di Water Boom tiara park  Kota Gorontalo, kamis (8/032018)

Pengagas World Kidney Day 2018 RSUD Dr MM Dunda Limboto, dr. Nurhayati K. Martam, Sp.PD, menuturkan alasan pemilihan tema wanita pada kegiatan ini disebabkan pada Bulan Maret ini juga bertepatan dengan Hari Wanita Sedunia,  di seluruh dunia jumlah wanita yang menderita Penyakit Ginjal Kronik (PGK) mencapai 195 juta, dan merupakan penyebab kematian terbesar nomor 8 dengan jumlah kematian setiap tahunnya mencapai 600.000 kasus,” papar dr Yanti  saat ditemui Tim Humas  RSUP Dunda Limbooto pada Senin (6/3/2018).

Ia melanjutkan, pada kasus ini bisa jadi wanita memiliki risiko lebih besar karena tidak hanya hipertensi dan diabetes yang dikenal sebagai penyebab penyakit ginjal kronik di  Indonesia, Ada beberapa penyakit dan kondisi yang meningkatkan PGK pada wanita.

Penyakit dan kondisi yang berkontribusi meningkatkan munculnya PGK pada wanita atara lain adalah nefritis lupus dan infeksi ginjal.”Wanita diketahui mempunyai kondisi rentan untuk terjadi komplikasi yang salah satu terberatnya yaitu gagal ginjal,” ujarnya. beberapa penyakit pada wanita seperti lupus, Infeksi Saluran Kemih dan yang tidak kalah penting yaitu gangguan pada saat kehamilan yakni preklamsi yang harus segera ditangani.

“Kalau tidak ditangani akan berujung pada gangguan ginjal. Kejadian itu bisa dicegah untuk tidak terjadi, bisa dicegah supaya tidak dijadi preklamsi, kalau misalnya sudah terjadi preklamsi, bisa dicegah agar tidak berat,” tuturnya.

Ditemui terpisah Panitia World Kidney Day 2018 RSUD Dunda Limboto Rita Rauf  mengatakan Momen kegiatan ini juga dilaksanakan penyuluhan dan edukasi kepada seluruh pasien Hemodialisa oleh beberapa dokter yang telah tersertifikasi yang ada di seluruh Rumah Sakit  di Propinsi Gorontalo, dalam momen ini kita semua menggunakan warna pakaian yang khas yaitu (kaus) merah muda,tutup Rita Rauf. (HUMAS/PKRS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.